16 Apr 2013

Perjalanan Hidup


Setiap perjalanan selalu ada awal dan akhir. Semua manusia mengawalinya dengan tangisan seorang bayi. Makhluk yang lucu dan tidak tahu apapun. Dari tidak bisa berjalan menjadi  bisa berjalan. Dari tidak tahu menjadi tahu. Dari murni menjadi terkotori. Dari lapar menjadi kenyang.

Sebuah pepatah tua mengatakan “Hidup itu seperti roda yang berputar”. Ada benarnya ungkapan tersebut. Cobalah lihat perjalanan hidup kita masing-masing.  Kemarin mungkin ada yang merasakan penderitaan dalam hidup dan saat ini merasakan kebahagiaan. Mungkin kemarin ada yang merasakan sepinya hidup tanpa kekasih dan saat ini hidup telah menjadi indah dengan datangnya sang kekasih.

Semua orang di tingkat perjalanan awal akan mempunyai jalan yang berbeda-beda. Dan itulah indahnya perjalanan hidup. Semua orang akan berbeda. Dan tibalah pada akhir perjalanan, bersiaplah untuk terkejut karena akhir perjalanan itu secara makna akan sama dengan awal perjalanan.

Perjalanan akan terus berulang dari awal-akhir-awal. Sama seperti matahari yang terbit di pagi hari, tenggelam di malam hari dan terbit kembali di pagi yang berikutnya. Sama seperti manusia yang tiada pada awalnya lalu lahir menjadi bayi, remaja, dewasa, tua, dan kembali menjadi tiada.