30 Apr 2013

Tips Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) untuk Melamar Kerja


Buat kamu yang akan melamar kerja, membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik itu penting banget lho. Tujuan utama membuat CV itu apa sih? Tentu saja supaya pewawancara tertarik untuk memanggil kamu dan ingin tahu lebih tentang siapa dirimu serta apa aja kemampuan kamu. Dengan kata lain CV merupakan daftar singkat riwayat kehidupanmu guna mengenalkan kepada dunia luar.

Meskipun Curriculum Vitae (CV) adalah cerminan diri kamu di hadapan calon perusahaan idaman, tidak berarti kamu harus mencantumkan data diri secara lengkap dan mendetail. CV yang baik hendaknya singkat namun tetap padat berisi tanpa ada informasi penting yang terbuang.

Patokan CV kamu itu baik apa nggak, bisa dilihat dari apakah si pewawancara menghubungi kamu lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan apa nggak. Misalnya nih, setelah kamu mengajukan surat lamaran beserta CV, pihak perusahaan biasanya ngasih informasi kapan kamu akan dipanggil. Misalnya satu minggu setelah surat lamaran masuk. Kalau belum satu minggu sudah dipanggil, berarti perusahaan tersebut tertarik sama profil kamu di CV.


Berikut ini beberapa tips penting dalam penulisan CV, yuk disimak dg seksama:

A. Urutan Penulisan Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup.

DATA PRIBADI

Cantumkan identitas kamu dengan jelas, seperti :
  1. Nama : nama lengkap sesuai KTP, tanpa tittle pendidikan
  2. Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan
  3. Tempat dan Tanggal Lahir : Jakarta, 28 Februari 1990
  4. Agama :
  5. Status Pernikahan : Menikah / Belum Menikah
  6. Tinggi dan Berat Badan : 170 cm - 68 kg

DATA KONTAK
  1. Alamat Rumah : tulis alamat domisili tempat tinggal kamu sekarang
  2. Email : tulis email personal , sebaiknya email dg judul nama kamu jangan email yg lebaay yaa..
  3. No. Telepon : tulis no. handphone yg selalu aktif, lebih dari 1 nomer lebih bagus. Pisahkan dengan [spasi] per beberapa nomer agar mudah dibaca.

OBJEKTIF PEKERJAAN

Tulis bidang pekerjaan apa yg sedang kamu cari, lalu jelaskan sifat & sikap kamu dalam bekerja, dan kemampuan kamu dalam bekerja. 

contoh :
  • Saya mencari pekerjaan dalam bidang public relations, broadcasting, advertising, protokoler, training, customer relations, human resource.
  • Saya seorang pekerja keras, kreatif, disiplin, bertanggung jawab, berjiwa kepemimpinan dan memiliki integritas yang tinggi.
  • Saya mampu memberikan solusi terbaik dalam bekerja.

PENDIDIKAN FORMAL
  • Juni 2008 sampai Februari 2013 jika masih kuliah, tahun lulus ditulis ‘Sekarang’
  • Instansi : Universitas Gajah Mungkur - Yogyakarta (Akreditasi : A)
  • Kualifikasi : Sarjana S1
  • Program Studi : Teknik Informatika
  • Konsentrasi : Jaringan Komputer
  • Tanggal Kelulusan : 12 Februari 2013
  • IPK : 3.70 (skala 4.00)
  • Yudisium : Cum Laude / Sangat Memuaskan / Memuaskan (pilih)

PENDIDIKAN NON-FORMAL
  1. Kompetisi Robot Indonesia - Yogyakarta 2009
  2. Seminar ‘Nasional Ilmu Komputer’ - Jakarta 2010
  3. English Course in English First (EF) - Yogyakarta 2010
  4. Pelatihan Komputer - Inter Medianet - Yogyakarta 2011

KEAHLIAN
  1. Komputer : Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Data Entry, Email, Internet, Website, Blog, Adobe Photoshop, Corel Draw.
  2. Bidang Lain : Promosi, Public Relations, Konsep, Protokoler, Strategic Planning, Training, Design, Sinematografi, Fotografi, Creative, Script Writer, Copywriting.
  3. Bahasa : Indonesia (aktif) dan English (spoken = 8 ; written = 8).

PENGALAMAN KERJA

Tuliskan:
  • Nama perusahaan dengan lengkap
  • Bergerak bidang usaha apa perusahaan itu
  • Lokasi - Periode - Jabatan terakhir
  • Job Description
Contoh:

PERUM PERUMNAS (Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional)
Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang properti bangunan rumah tinggal.
Lokasi : Wisma Perumnas - Kantor Pusat, Jl. D.I Pandjaitan Kav. 11. Jakarta
Periode : Juni 2009 s/d sekarang
Jabatan : Staf pada Dept. Humas dan Protokoler. 
Job Description:
-  Membuat Press Release acara resmi Perumnas dengan klien
-  Menyusun materi untuk press conference dengan media massa
-  Melayani keluhan konsumen terhadap perusahaan
- Merekapitulasi biaya penawaran kerjasama untuk acara sponsorship kegiatan yang diselenggarakan Perumnas
Notes : Jika Fresh Graduate/belum punya pengalaman kerja, di hapus saja bagian ini.



B. Tips Penulisan. (Kertas, Huruf, Foto, Dokumen Pendukung)

1. Gunakan kertas putih polos.
  • CV sebaiknya diprint di kertas putih polos, tidak menggunakan background image (kecuali jurusan Seni/Design)
  • Jangan menggunakan form CV yang dijual di toko-toko.
2. Diketik dengan huruf standar surat resmi.
  • CV jangan ditulis tangan, namun diketik dengan komputer/laptop. 
  • Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), 
  • Rekomendasi pakai font CALIBRI, ukuran font : 12pt
3. Foto terbaru.
  • Lampirkan pas foto terbaru ukuran 4×6. (tergantung kebijakan perusahaan)
  • Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (misalkan jas lengkap dengan dasi). 
  • Background foto pilh warna yang standart : Merah, Biru, atau Abu-abu (tergantung kebijakan perusahaan)
  • Lampirkan maximal 2 lembar.
4. Dokumen pendukung.
  • Lampirkan dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang dituliskan dalam CV seperti Ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb (dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy).
  • Agar dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak, sebaiknya kamu menyeleksi/menyortir dokumen mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.
  • Jika belum memiliki Ijazah (masih kuliah/sedang proses cetak) maka bisa diganti dengan Surat Keterangan Mahasiswa / Surat Keterangan Lulus


C. Saran yang Tak Kalah Penting Lainnya

1. Jujur, Jangan Berbohong.
  • Ingat, jangan sekali-kali menuliskan pada CV kamu suatu pengalaman yang kamu sendiri tidak mengalaminya.
  • Memang seseorang terkadang merasa gengsi dengan pengalaman yang dia miliki, karena merasa kalah pengalaman. 
  • Jangan sampai kita di Blacklist oleh perusahaan karena kita berbohong pada CV kita, kebohongan itu rata-rata dalam dokumen sertifikasi seminar, kursus, TOEFL, Transkrip Nilai, KTP, dsb.

2. Jumlah Halaman.
  • Pada umumnya CV hanya terdiri dari 1 (satu) atau 2 (dua) halaman. 
  • Namun jika memang riwayat pekerjaan/karir kamu sangat banyak, juga pendidikan/kursus/pelatihan kamu sangat banyak. Dan kamu menganggap bahwa itu penting untuk ditampilkan, maka kamu boleh menambahkannya menjadi 3 (tiga) halaman CV. 
  • sebagai lampiran Surat Lamaran Kerja, tidak masalah. Tetapi khusus untuk Surat Lamaran Kerja, tetap upayakan 1 (satu) halaman.
3. Tata Bahasa, Tanda Baca, dan Ejaan.
  • Tidaklah dibenarkan jika dalam resume terjadi kesalahan-kesalahan menyangkut tata bahasa, tanda baca, dan ejaan. 
  • Bacalah kembali tata bahasa di buku atau Kamus Bahasa Indonesia. 
  • Jika kamu menulis CV dalam Bahasa Inggris, dan kamu belum yakin, maka cobalah minta dicek kembali atau di-review oleh teman/kerabat yang menguasai Bahasa Inggris tersebut.
4. Jelas, Singkat.
  • Jangan membuat orang yang membaca CV atau resume kamu mengintepretasikan atau mengartikan hal yang berbeda.
  • Contoh: CV pada bagian pendidikan, kamu menuliskan Sarjana Komputer Universitas Amikom, dan tidak menambahkan nama kota lokasinya. 
  • Jangan berasumsi bahwa pembaca pasti tahu Universitas Amikom itu ada di Yogyakarta. 
  • Oleh karena itu tambahkan nama kota dibelakangnya, misalkan Sarjana Komputer Universitas Amikom Yogyakarta.
5. Mudah Dibaca dan Mudah Dicerna.
  • CV yang dibuat secara kacau-balau menggambarkan pikiran yang tidak jernih dan ketidakmampuan penulis dalam menuangkan isi hatinya. 
  • Oleh karena itu sangat penting membuat CV yang mudah dibaca, mudah dicerna, urutannya jelas, dan logis.
  • Bila perlu bagian-bagian atau kata-kata yang kamu anggap sangat penting untuk ditonjolkan, dapat ditulis dengan huruf tebal (bold). 
  • Namun jangan terlalu banyak bagian yang ditebalkan, sehingga tidak terlihat lagi bagian yang sangat penting tersebut.
Demikian penjelasan mengenai Tips Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) untuk Melamar Kerja, semoga bisa bermanfaat dan menjadi pencerahan buat kamu semua para job seeker.
Selamat berkarya dan jangan mudah menyerah apalagi putus asa...semangat 45!!! :D 

Nah khusus bagi kamu yang sedang mencari contoh CV, nggak usah kuatir karena pada kesempatan berikutnya akan saya share mengenai contoh-contoh CV dan surat lamaran kerja yang lebih yahud pastinya...tunggu aja tanggal mainnya..hhehe

***disadur,diedit,dan dikumpulkan dari berbagai sumber

2 komentar

Wah bagus min postingan yang bermanfaat sekali...
terus tambah postingan yang bermanfaat lainnya min..
Good Job.

Jangan lupa juga kunjungi halaman ini
http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id/2016/05/mesin-antrian-bersolusi.html
http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id/2016/05/alat-survey-kepuasan-pelanggan.html

jadi kalo masih kuliah tulis tahun masuk - sekarang gitu??